Selasa, 23 Juli 2013

Nasi Tumpeng

Rayakan buka puasa dengan Nasi Tumpeng ala Billiechick Cake and Resto



Tumpeng merupakan sajian nasi kerucut dengan aneka lauk pauk yang biasanya ditempatkan dalam tampah (nampan besar, bulat, dari anyaman bambu). namun Nasi Tumpeng Billiechick ditempatkan di atas piring, agar porsinya pas untuk dinikmati sendiri, nasi Tumpeng merupakan tradisi sajian yang digunakan dalam berbagai upacara atau untuk merayakan sesuatu.

Tumpeng dalam ritual Jawa sarat dengan symbol mengenai ajaran makna hidup.  seperti symbol keselamatan, kesuburan dan kesejahteraan. Tumpeng yang menyerupai Gunung menggambarkan kemakmuran sejati. Air yang mengalir dari gunung akan menghidupi tumbuh-tumbuhan, yang berarti hidup dan tumbuh berkembang.

 

Dalam tumpeng juga mempunyai arti simbolik, seperti:

- Nasi kuning :
warna kuning mempunyai arti gunung emas, menggambarkan kekayaan dan moral yang luhur, digunakan untuk syukuran acara gembira.

- ayam :  
dalam tumpeng yang sesungguhnya, ayam diambil dari hasil menyembelih ayam jago, hal ini mempunyai makna menghindari sifat-sifat buruk (yang dilambangkan oleh) ayam jago, antara lain: sombong, congkak, kalau berbicara selalu menyela dan merasa tahu/menang/benar sendiri (berkokok), tidak setia dan tidak perhatian kepada keluarga.
 


-Urap


Urap merupakan kelapa parut yang dibumbui untuk campuran sayur-sayuran yang direbus. Kata urap senada dengan urip atau hidup, artinya mampu menghidupi  atau mampu menafkahi keluarga. Urip berarti juga sumber kehidupan. Sayuran merupakan pralambang dari alam semesta yang memberi kehidupan bagi manusia.
 
- Telur
Telur rebus biasanya disajikan utuh bersama kulitnya, tidak dipotong, sehingga untuk memakannya harus dikupas terlebih dahulu. Hal tersebut melambangkan bahwa semua tindakan kita harus direncanakan (dikupas), dikerjakan sesuai rencana dan dievaluasi hasilnya demi kesempurnaan.
demikian juga dengan lauk pauk peklengkap lainnya mempunyai makna - makna tersendiri.

Namun tumpeng Billiechick hanya dibuat  sebagai sajian kuliner istimewa untuk menyambut suka cita bulan ramadhan dan tidak  terlalu memperhatikan arti filosofi yang terkandung dalam tumpeng. namun tetap memperhatikan kelezatan dan cita rasa yang khas dari tumpeng ini, selamat menikmati billiechick lovers



Tidak ada komentar:

Posting Komentar